Gelar Wilujengan di Kampung 1000 Topeng Datangkan Tari Rangda dari Bali

  • Whatsapp

Tampilan Tari Randai dari Bali.Sabtu (24/10/2020). (Photo: Galih/Portalindonesia)


KOTA MALANG | Portal-Indonesia.com,- Aneka tari mewarnai gelaran Wilujengan di kampung 1000 Topeng, area Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu (24/10/2020)

Bacaan Lainnya

Mengawali acara senam sehat bersama masyarakat dipandu oleh Pengurus Insan Sejahtera, yang dilanjut dengan Tari Wilujengan dari para penari Sanggar Cakra Manggala Nusantara Singhasari

Setelah itu disusul dengan atraksi Tari Rangda yang penari aslinya khusus didatangkan dari Bali binaan Romo Rudaksa

Acara tersebut juga diramaikan oleh Para Badut asal Kampung Badut Lesanpuro

Selain Petikan Bunyi Dawai Nusantara yang dibawakan oleh Ajis, tampil pula pengisi acara Seni Banjari dari Asshabab Assamawi Kota Malang

Dan atraksi terakhir, menampilkan Gus Irul dari PIB (Paguyuban Ikatan Batin) Malang Raya yang melakukan aksi pengobatan dan ru’yah kepada masyarakat pengunjung dilokasi.

“Terimakasih kepada semua pengisi acara, khususnya penari Rangda berserta timnya yang sengaja kami datangkan dari Bali, juga para seniman dan budayawan yang sempat hadir dalam Wilujengan kali ini” ujar Joko Rendi sang penggagas acara didampingi tim Titik Thenger dan Nareswari dilokasi.

“Dalam sejarahnya, tari Rangda yang kita tampilkan tersebut adalah sebuah tarian untuk mengusir kejahatan baik yang ada dalam benak pikiran manusia maupun dari energi gaib serta untuk dijauhkan dari balak” terang Joko Rendi.

Pantauan portal-indonesia.com dilokasi, masyarakat yang datang dari berbagai komunitas dan beberapa tokoh budaya-seni, termasuk Soeroso tokoh seniman topeng yang didaulat memimpin doa dalam tradisi bahasa Jawa.

Acara yang disengkuyung dan didukung oleh Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika serta Eko Jeep, owner Sumber Gentong itu berlangsung sukses. (Galih)

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan