Batu Besar Menyerupai Mustoko Masjid Ditemukan di Purworejo

  • Whatsapp
Inilah batu besar mirip mustoko masjid yang baru saja ditemukan di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. (Foto : M. Fauzi / Portal Indonesia).

PURWOREJO | portal-indonesia. com – Kegiatan TMMD di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Purworejo di gemparkan adanya penemuan sebuah batu berukuran besar yang oleh warga disebut batu mustoko. Penemuan batu yang menyimpan cerita mitos di kalangan warga masyarakat Desa Sedayu ini ditemukan pada Kamis (24/09/2020).

Ditemukannya batu berukuran besar ini pun langsung langsung viral di di berbagai media sosial.

Bacaan Lainnya

Jika ditanyakan ke masyarakat sekitar tentang batu mustoko tidak banyak orang tahu sejarahnya. Namun jika ditanyakan kepada warga masyarakat yang sudah berusia lanjut, maka akan diceritakan dan ditunjukkan lokasi menuju batu mustoko tersebut.

Mustari (78) warga Desa Sedayu, mengatakan,kalau di kalangan masyarakat sekitar terutama kaum muda kurang paham mengenai asal-usul batu mustoko ini. “Mereka hanya tahu jika batu ini disebut batu mustoko,” ucapnya.

Dikatakan Mustari jika ada banyak mitos dibalik batu mustoko ini. Ada cerita yang beredar bahwa bahwa batu mustoko tersebut berasal dari mustoko masjid secara tiba-tiba di atas batu besar ini.

Kemudian mustoko masjid tersebut dibawa oleh Mbah Bulus dan dipasang di masjid Desa Bulus, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, hingga sekarang.

” Ya, batu besar ini dinamai batu mustoko karena dulu dari cerita kakek saya ditemukan mustoko masjid secara tiba-tiba ada di atas batu ini. Kemudian mustoko masjid tersebut dibawa oleh mbah Bulus dan digunakan sebagai mustoko masjid di Desa Bulus, ” Ujarnya.

Untuk menuju lokasi batu mustoko tersebut, masyarakat akan melewati sebuah jalan setapak yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menaiki sebuah bukit dan letaknya masih di tengah tengah hutan. ( Fauzi)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan