PWKS Kunjungi Museum Tosan Aji Purworejo

  • Whatsapp
Paguyuban Wayang Ki Seno (PWKS) saat mengunjungi Museum Tosan Aji Purworejo. (Foto : Lukman Hakim / Portal Indonesia).

PURWOREJO | Portal- Indonesia.com –
Sabtu (19/09/2020), Penggemar Wayang Ki Seno (PWKS) mengunjungi Museum Tosan Aji yang sekarang terletak di area Pendopo Kabupaten Purworejo. Museum ini tidak hanya menyimpan benda-benda koleksi tosan aji seperti keris, pedang, cundrik, tombak dan lain-lain.

Namun pada perkembangannya banyaknya benda cagar budaya lainnya seperti patung, prasasti, yoni, lingga, lumpang, batu pipisan, guci, batu gong, menhir dan lain-lain.
Harapannya dengan adanya Museum tidak hanya bisa di kunjungi, tapi bisa untuk media edukasi, wahana untuk menjalain Silaturahmi.

Bacaan Lainnya

Menurut Purwadi, yang juga sebagai Pembina PWKS Puworejo adanya Museum kita bisa mengetahui sejarah peradaban manusia.

Sementara Agus Prediat Eko CH, A. Md yang juga sebagai Kepala UPT Alun-alun Kabupaten Purworejo, pihaknya mendorong sosialisasi Gerakan Cinta Museum untuk generasi milenial. Hal ini diawali dengan menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan komunitas seniman.

Kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Mereka dapat melihat-lihat contoh maupun replika koleksi yang tersimpan di museum milik pemerintah daerah.

Koleksi tosan aji yang disimpan, berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Sementara benda cagar budaya berasal dari masa pra sejarah maupun masa klasik.

Di museum juga terdapat gamelan kuno Kyai Cokronagoro yang merupakan hadiah dari Sri Susuhunan Pakubuwono VI kepada Bupati Purworejo I, Cokronagoro I.

Dan koleksinya hingga saat ini berjumlah kurang lebih sekitar ribuan bilah (Lukman).

Tinggalkan Balasan