PendidikanPortal Jateng

Betok Keris Karya Siswa SKB Kalibagor Diperlihatkan Saat Pelatihan Kewirausahaan

Kepala SKB Kalibagor, Kasirun, S. Pd menunjukkan Betok Keris karya siswa SKB Kalibagor, Kabupaten Banyumas. (Foto : Sugito / Portal Indonesia).

portal-indonesia.com, BANYUMAS –
Betok keris merupakan panglimanya keris karya siswa Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Pembuatan keris merupakan salah satu materi ketrampilan bagi siswa di SKB tersebut.

Namun jangan salah, keris yang dibuat disini bukanlah berbau mistis, tetapi keris yang mempunyai seni artistik tinggi sebagai barang hiasanyang mempunyai nilai ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala SKB Kalibagor Kasirun, S.Pd saat pembukaan pelatihan kewirausahaan Online di Aula SKB Kalibagor bekerjasama dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Pemerintah Desa Kalibagor yang digelar Kamis (10/9) hingga Jumat (11/9/2020).

Lebih jauh dihadapan peserta pelatihan, Kasirun mengatakan bahwa Era digital 4.0 berarti segala pelatihan yang ada terkoneksi dengan jaringan mengikuti perkembangan jaman. Tetapi kita juga tidak boleh lupa dengan kearifan lokal dan tidak boleh ditinggalkan.

BACA JUGA :   Sispamkota : KPUD Purworejo Digeruduk Massa

Globalisasi harus diimbangi dengan lokalisasi muatan budaya lokal, sebab kalau tidak diimbangi dengan budaya lokal maka budaya asing yang akan berkembang. Budaya lokal terinjak- injak akan hilang

Dijelaskan, SKB Kalibagor adalah satu- satunya SKB di Indonesia yang memiliki Besalen, yakni tempat untuk membuat keris.

“Pelaku usaha harus yang jujur dalam memasarkan produk secara online. Era globalisasi sekarang ini harus memahami IT, ” Ujar Kasirun.

Sementara itu Riswoto, SH, selaku panitia penyelenggara mengatakan kegiatan pelatihan kewirausahaan online diikuti 30 peserta berasal dari Karangtaruna Kalibagor serta dari desa sekitar se wilayah kerja SKB.

Harapannya setelah pelatihan, peserta bisa memasarkan produk secara online melalui Medsos.

Pada pelatihan yang digelar 2 hari itu mendatangkan Narasumber dari Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang ahli dibidangnya.

BACA JUGA :   Lindu Aji Pemalang Deklarasi Dukung Agus-Eko

Dari hasil pelatihan tersebut, teori dan praktek nantinya peserta akan di ambil 6 peserta terbaik akan dikirim ke Kampung Marketer di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga .

Kades Kalibagor Slamet Rianto, SE dalam sambutannya juga merasa bangga apabila peserta pelatihan bisa menangkap ilmu yang disampaikan narasumber. Sebab kegiatan ini merupakan peluang yang bagus. Apalagi pelatihan ini gratis.

Dia berharap para peserta bisa sukses menjadi pengusaha online di era globalisasi yang serba IT.

Galih, salah satu peserta pelatihan merasa senang dengan adanya pelatihan kewirausahaan online. Ia berharap mudah- mudahan bisa memasarkan hasil produk batu akiknya lewat online yang selama ini lesu pembeli. (Git)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: