Satu RT di Desa Kalisalak Kedungbanteng Lockdown

  • Whatsapp
Petugas dengan mengenakan APD lengkap saat menjemput orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dibawa ke Cilacap

portal-indonesia.com, BANYUMAS – Satu RT di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas terhitung sejak Kamis (10/9/2020) memberlakukan Lockdown, menyusul adanya orang dari Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sempat bertamu serta menginap di wilayah RT 01 RW 03 Desa Kalisalak.

“Tadi siang sekitar pukul 11.50 Wib orang tersebut sudah dijemput Tim Covid-19 Kabupaten Cilacap. Namun paska kejadian ini kami menerapkan lockdown untuk satu RT,” terang Sunarko, Ketua Satgas Covid-19 Desa Kalisalak.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, tim dari Puskesmas Kedungbanteng, Bidan desa, Tagana, Babinkamtibmas, Babinsa, Kades setta Satgas Covid Desa Kalisalak sudah bersama-sama mendata warga RT.01/03 yang berjabatan tangan dan berhubungan langsung serta tatap muka dengan orangĀ  tersebut.

Kemudian mereka yang sudah didata akan di swab untuk menentukan apakah positif atau negatif.

Terkait kejadian itu, Satgas Covid-19 Kalisalak menghimbau kepada semua aparatur Pemerintah Desa maupun seluruh warga supaya lebih waspada terhadap penularan Covid-19.

Selain itu terhadap orang asing, baik itu tamu, maupun sanak saudara dari luar daerah yg singgah ke wilayah Desa Kalisalak supaya lebih diperketat dalam pengecekan protokol kesehatan khususnya.

Sementara itu Kepala Desa Kalisalak, Mahmud yang dikonfirmasi Portal Indonesia, Kamis (10/9/2020) membenarkan adanya warga dari Kecamatan Maos yang terkonfirmasi positif corona.

“Inisial YT, laki-laki. Aslinya warga Windujaya dan memperistri orang Maos. Dia bekerja di Jakarta, belum lama ini pulang lantaran sakit,” Kata Mahmud.

Lebih lanjut Mahmud menjelaskan bahwa YT yang juga mengidap sakit kencing batu berobat ke rumah sakit. Sehubungan masa pandemi, YT pun di test. Nah, pada saat hasil tes belum keluar, ia pergi ke daerah Kuningan, Jawa Barat untuk mencari obat.

Tidak berselang lama ternyata hasil tes dari RS keluar dan hasilnya positif Covid-19. Kemudian pihak RS mencari keberadaan YT, semua keluarga dihubungi. Hingga akhirnya diketahui yang bersangkutan sedang berada di Windujaya, grumbul Penulis.

Ternyata informasi ada orang yang positif Covid-19 diketahui warga Grumbul Penulis, hingga akhirnya YT berpindah ke rumah salah satu saudaranya di wilayah Windusari atau RT 01 RW 03 Desa Kalisalak.

Namun di wilayah ini pun ada warga yang mengetahui jika dia positif Covid-19, terlebih jarak Windusari dengan Penulis sangat dekat.

“Akhirnya Satgas Covid-19 Kalisalak Grumbul Windusari langsung mengamankan orang tersebut dan menjaganya dengan ketat dan melapor ke pihak rumah sakit di Cilacap. Dan tadi siang dia sudah dijemput dari Cilacap, ” Pungkasnya. (trs)

Tinggalkan Balasan