EkonomiPortal Jateng

Pandemi Covid-19, Angkudes di Terminal Ajibarang Sepi Penumpang

Kusni (38), salah satu pengemudi Angkudes jurusan Ajibarang – Tumiyang. (Foto : Tris / Portal Indonesia).

portal-indonesia.com, BANYUMAS – Pandemi Covid-19 tak ayal mempengaruhi penurunan berbagai sektor usaha. Salah satunya jasa transportasi angkutan penumpang pedesaan (Angkutan pedesaan) dengan trayek dari Terminal Ajibarang dan sekitarnya, kini mengalami penurunan yang signifikan.

“Sejak pandemi Covid-19 penumpang sepi dan penghasilan juga turun drastis,” ungkap Kusni (38) salah satu pengemudi angkudes jurusan Ajibarang – Tumiyang kepada Portal Indonesia, Rabu (9/9/2020) siang.

Pria asal Desa Pasiraman Lor, Kecamatan Pekuncen ini bahkan menyebut kini dalam sehari hanya beroperasi 2 – 3 rit saja. Belum lagi untuk pembelian bahan bakar mesin (BBM) Rp 70 ribu dan setoran Rp 35 ribu per harinya.

BACA JUGA :   Lelang Proyek Jalan di Purworejo Tercium Dikondisikan, 2 PT Dilaporkan Ke Kejaksaan

Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, mau tidak mau Kusni dan sopir angkudes senasib lainnya tetap harus mengais rejeki dari angkudes tersebut.

Meski demikian ia tetap mensyukuri rejeki yang didapat. “Dengan kondisi seperti sekarang ini ya mau tidak mau harus dijalani, termasuk menerapkan protokol kesehatan,” Ujar Kusni yang mewajibkan kepada seluruh penumpangnya memakai masker.

Terpisah, Kepala Terminal Ajibarang, Aris melalui Dasroh membenarkan sepinya armada transportasi di masa pandemi saat ini. “Covid-19 sangat berdampak terhadap jasa angkutan penumpang, termasuk yang beroperasi di wilayah sini. Dan tidak cuma angkudes namun mikro bus juga mengalami penurunan jumlah penumpang,” Kata Dasroh.

Bahkan pada awal-awal Covid-19, kata Dasroh, pendapatan restribusi di Terminal Ajibarang juga terkena imbasnya dan turun drastis. (trs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: