Kisah Perjalanan Kepala TK dan SD Se-Senduro ke Ranupani Untuk Jaga Kebugaran

Suasana pelaksanaa senam para Kepala Sekolah.

Portal-Indonesia.com, Lumajang – Pada Sabtu (29/08/2020) pagi, para Kepala Sekolah TK dan SD se Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, pergi secara rombongan menuju Desa Ranupani.

Para kepala TK dan SD tersebut berangkat ke Ranupani bukan dalam rangka menghadiri rapat, melainkan untuk mengikuti giat senam kebugaran yang digelar dua kali setiap bulannya.

Bacaan Lainnya

Dikisahkan, ketika hendak berangkat menuju Ranupani, di Kecamatan Senduro sedang diguyur hujan.

Meski demikian, tak membuat para Kepala Sekolah TK dan SD yang mayoritas usianya sudah hampir mendekati separuh abad lebih itu patah semangat. Mereka penuh antusias tetap berangkat ke Ranupani untuk mengikuti giat senam kebugaran.

Dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, mereka berangkat secara bersamaan dari Senduro ke Ranupani dengan jarak tempuh kurang lebih mencapai 28 km.

BACA JUGA :   KONI Kota Malang Persiapkan Atlet Sepak Bola Liga Siswa

Keberangkatan para kepala TK dan SD ke Ranupani dipimpin oleh Koordinator Pelayanan Pendidikan Kecamatan Senduro Syamsul Arifin.

Mereka terlihat kompak dan bersemangat, sejak dari start pemberangkatannya pukul 06.50 WIB dari SDN Senduro 01.

Untuk sampai di Ranupani mereka harus mewati kawasan hutan lindung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dengan kondisi jalan yang cukup licin, penuh tanjakan dan berkabut.

Untuk diketahui, Desa Ranupani merupakan dataran tinggi di wilayah barat Lumajang dengan ketinggian 2.000 DPL.

Jika kendaraannya kurang sehat, resiko gangguan seringkali terjadi. Seperti yang dialami oleh Kepala SDN Kandangan 03, Santoso. Ia akhirnya harus balik kanan karena rantai sepedanya putus di km 15.

“Karena ada gangguan teknis kendaraan, terpaksa saya harus balik kanan untuk memperbaiki rantai yang putus,” keluh Santoso sambil membawa turun sepedanya.

Setelah menempuh jarak selama kurang lebih 1 (satu) jam lebih, akhirnya para kepala TK dan SD tersebut tiba di Ranupani sekitar pukul 08.00 WIB.

Kedatangan para kepala TK dan SD ini langsung disambut hangat oleh Imam Choderi selaku kepala SDN Ranupani.

BACA JUGA :   Ada Saja, Sindir Paslon Terkait Gelar S1, Kaos Bertuliskan 'Sarjana Tempe' Beredar di Medsos

Pada giat ini, Ketua K3S Kecamatan Senduro, Cokro Wijoyo mengatakan, giat senam kebugaran kepala TK dan SD se Kecamatan Senduro ini digelar dua kali setiap bulannya, dan tempatnya bergilir anjangsana dari satu lembaga ke lembaga yang lain.

“Tujuannya untuk memupuk kebersamaan, supaya faham medan, serta utamanya untuk menjaga kebugaran fisiknya karena kepala sekolah adalah figur managerial yang dituntut untuk enerjik, memiliki pemikiran cerdas penuh inovatif,” terang Cokro Wijoyo.

Sesaat setelah tiba di Ranupsnj, rombongan para kepala TK dan SD langsung diajak jagongan dulu didepan perapian untuk menghangatkan tubuh yang mulai kedinginan di suhu yang agak ekstrem.

“Jagongan seperti ini merupakan tradisi yang berlangsung sejak dulu di Ranupani. Ini merupakan adat kebiasaan warga Tengger yang terus dilestarikan,” tutur Imam Choderi yang hampir 30 tahun lebih berdomisili di Desa Ranupani ini.

Reporter: Tofik
Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan