PemerintahanPortal Jatim
Trending

Rangkaian Kunjungan Ke Pujon Kidul Menutup Acara Pelatihan Tata Kelola Wisata

Pose para peserta pelatihan dilokasi wisata Pujon Kidul (13/08/2020)poto-galih/portal Indonesia

Portal-Indonesia.com-MALANG RAYA,- Rundown acara pelatihan tata kelola wisata yang dilaksanakan selama 3 hari di hotel Arya Gajayana sejak tanggal 11- 13 hari diakhiri dengan kunjungan paserta ke tempat pariwisata di wilayah Kabupaten,tepatnya di Pujon Kidul pada hari Kamis (13/08/2020)

Kunjungan tersebut sekaligus melihat langsung potensi lokasi sebagai studi banding.Sesuai dengan materi terakhir yang disampaikan oleh Udi Hartoko ,Kepala Desa Pujon yang sukses mengelola kepariwisataan didaerahnya

Saat dilokasi kunjungan,peserta diperlihatkan area lahan 6 hektar yang telah disheeting sebagai cafe sawah,lengkap dengan pernak perniknya yang menjadikan tempat tersebut sebagai jujugan wisata yang prestisius.Selain didukung dengan keindahan panoramanya,dilokasi tersebut juga terasa fungsional ekonomi dirasakan oleh warga sekitar.

“Jasa traveling wisata maupun jasa ekonomi berjalan dengan ditopang oleh aktifitas tanam yang menjadi basic sesuai kontur geografisnya” ujar Udi Hartoko menjelaskan pada peserta.

BACA JUGA :   Tolak Tembakau dari Luar Probolinggo, Mahasiswa dan Petani Tembakau Ini Turun JalanĀ 

Perlu diketahui bahwa Kepariwisataan di Pujon Kidul yang dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Desa) hingga semester tahun 2019 mencapai pemasukan sekitar 17,5 miliar. Hal itu dikatakan oleh Ibadur Rohman selaku Direktu Bumdes setempat.

“Bumdes memiliki Unit Live in (penduduk asli yang direkrut sebagai pekerja), yang dilibatkan langsung.Ini bagian dari salah satu tehnik pengelolaan manajemen personal” ujar Ibadur.

Terakhir disampaikan olehnya,bahwa tingkat pengunjung wisata didaerahnya diramaikan oleh kunjungan study banding bagi kelembagaan serta wisatawan edukasi dari lembaga pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Pantauan Portal-Indonesia dilokasi.Para peserta pelatihan sangat menikmati indahnya pesona alam setempat maupun tata kelola area ,adanya cafe sawah maupun kampung budaya yang ada dilokasi.Terbukti beberapa peserta antusias bertanya untuk mendapatkan keterangan dan penjelasan langsung dari pengelola.Bahkan para peserta bisa duduk bertahan lama dipawonan tungku (sarana memasak terbuat dari tanah liat ) sembari berdialog dengan penggoreng pisang asli khas wanita desa sembari menikmati sruputan wedang jahe yang sengaja disuguhkan oleh pihak pengelola hingga bersantap siang dilokasi kampung budaya setempat.

BACA JUGA :   Bersama Cawabup Ketua DPC PDI-P, Banyuwangi Kampanye Masker

Sekalipun suasana sosial diarea tersebut berjalan natural ,namun semua peserta tetap mengikuti protokol kesehatan

Akhir kunjungan ke lokasi wisata Pujon Kidul.Senyum para peserta mewarnai kepulangan dengan membawa buah tangan 1kg buah tomat yang dipetik langsung dilokasi serta tanaman sayur sla yang semuanya diberikan gratis oleh pihak pengelola sebagai tanda terimakasih atas kunjungan peserta Pelatihan Tata Kelola Pariwisata yang dilaksanakan oleh Disporapar (Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata) Kota Malang

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: