EkonomiPortal Jateng

Surplus Padi di Kecamatan Ngombol Purworejo, Namun Harga Penjualan Menurun

Petani di Desa Tunjungan, Kecamatan Ngombol, Purworejo tengah memanen padi. (Foto : Lukman Hakim / Portal Indonesia).

portal-indonesia.com,PURWOREJO РPara petani padi di wilayah Desa Tunjungan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo sudah mulai memanen hasil garapannya.

Di sejumlah petakan sawah terlihat para petani melakukan berbagai aktivitas menuai padi yang telah ditanam pada tahun ini. Ada yang mengarit (menyabit,red), merontok dan mengangkutnya ke rumah masing-masing.

Menurut Suyoto (50), salah seorang petani di Desa tersebut mengatakan, panen kali ini lumayan berhasil, walaupun hasil harga gabah menurun di banding dengan panenan tahun-tahun sebelumnya.

“Jika di panenan sebelumnya, per kilo gabah bisa mencapai Rp 5000, tetapi panenan sekarang kisaran Rp 4.200 – Rp 4.300 per kilo gabah”, bebernya saat ditemui, Senin (27/7/2020).

BACA JUGA :   Tuntut Kenaikan Siltap, Perangkat Desa Pemalang Mengadu Ke Dewan

Untuk wilayah Kecamatan Ngombol, kata Suyoto, rata-rata padi tahun ini bagus. Ia berharap semoga terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Ia pun menilai, berhasilnya panen tahun ini karena cuaca dan pengairan terpenuhi dengan baik. Selain itu, serangan hama dan penyakit padi juga tidak parah, sehingga hasil panen lumayan melimpah.(Lukman)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: