Portal Jateng

Puluhan Warga Karangdadap Banyumas Terkena Chikungunya

Petugas dari Dinkes Banyumas melakukan fogging di wilayah Desa Karangdadap, Kecamatan Kalibagor yang terkena wabah chikungunya. (Foto : Sugito / Portal Indonesia).

portal-indonesia.com, BANYUMAS – Sedikitnya 63 warga di wilayah RW 01 Desa Karangdadap, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas terkena Chikungunya. Paling banyak di RT 04 RW 01.

Hal itu dibenarkan Ketua RT 04 RW 01, Sutrisno. “Awalnya saya dan warga tidak tahu kalau terserang gigitan nyamuk chikungunya. Warga merasakan badannya terasa demam dan persendian kaki terasa linu. Bahkan untuk jalan saja juga susah, ” katanya.

Penyebab rasa sakit itu akhirnya diketahui setelah Ketua RT dan warga berbondong-bondong berobat ke Puskesmas Kalibagor baru ketahuan bahwa warga yang sakit terkena gigitan nyamuk Chikungunya.

BACA JUGA :   TMMD Ke - 109, Kodim Purworejo Dirikan Dapur Umum

Dinas kesehatan Kabupaten Banyumas yang mendapati laporan wabah ini langsung melakukan fogging di wilayah tersebut sebanyak sudah dua kali.

“Fogging kita lakukan dua kali di wilayah RW 01 Desa Karangdadap khususnya supaya jentik-jentik nyamuk mati dan tidak menyebar ke wilayah yang lain”, terang Wawan, salah satu tim fogging Dinkes Banyumas, Jumat (24/7) sore

Dia menghimbau warga juga harus menerapkan pola hidup bersih, jangan banyak air yang menggenang disekitar rumah karena itu bisa sebagai tempat jentik nyamuk.

Sementara itu Bidan Desa Karangdadap, Umami menjelaskan, Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai dengan serangan demam dan nyeri sendi secara mendadak. Virus ini menyerang dan menulari ke manusia melalui gigitan Nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus, dua jenis nyamuk yang juga dikenal sebagai penyebab demam berdarah.

BACA JUGA :   Desa Sedayu Siap Jadi Tuan Rumah TMMD Reguler 109 Sebaik Mungkin

Umami berharap setelah lingkungan di fogging massal, tidak ada lagi orang yang terkena chikungunya atau demam berdarah. (Git).

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: