Jelang Idul Adha, Pasar Hewan di Kebumen Sepi Pembeli

Hewan siap jual di Pasar Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kebumen. (Foto : Wahyudin / Portal Indonesia)

portal-indonesia.com,KEBUMEN – Di tengah – tengah pagebluk virus Covid – 19 ini, Pasar Hewan Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kebumen terlihat ramai, tetapi daya beli menurun. Hal itu dipicu sepinya permintaan sapi untuk hari raya Idul Adha dari Kebumen keluar daerah, khususnya Jakarta dan Yogyakarta. Dengan kondisi demikian, banyak peternak yang memilih menunda.

“Sebenarnya istilah yang tepat bukan menunda jual, namun menggemukkan sapi terlebih dahulu agar punya daya jual lebih tinggi untuk kebutuhan Idul Adha mendatang. Kalau istilah peternak, sapi-sapi tersebut disebut sapi ‘besaran’ atau sapi yang diprogramkan untuk dijual di bulan ‘Besar’ mendatang” ujar Tamirin dan Sirun, peternak sapi Desa Wonoarjo,Kecamatan Rowokele,Kebumen, saat diremui Portal Indonesia di Pasar Hewan Purbowangi, Jum’at (24/07/2020) siang.

BACA JUGA :   9 Wanita Pekerja Seks di Slarang Cilacap Reaktif IMS

Bacaan Lainnya

Sapi-sapi dewasa yang ditunda penjualannya itu menurut Tamirin adalah sapi dewasa jantan jenis lokal yang sehat dan Kambing etawa siap potong pada hari Idul Adha mendatang.

“Bisa saja peternak melepas sapinya saat ini, namun harus dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga beli dari petani saat ini. Ada tradisi di kalangan peternak sapi Kebumen bahwa menjual sapi ‘besaran’ adalah sebuah kehormatan tersendiri,” ujar Agus Triono dari Banjarnegara.

Kendati menunda penjualan sapi jantan dewasa, menurut Tamirin maupun Sirun, peternak masih mendapatkan pemasukan dengan menjual sapi dewasa betina sebagai sapi siap potong, juga anak sapi atau pedhet dan sapi remaja kepada sesama peternak.

BACA JUGA :   Melihat Semangat Wanita Desa Sedayu Memasak di Dapur Umum TMMD Kodim Purworejo

“Jadi jangan heran kalau harga sapi dewasa lokal saat ini stabil dan sulit turun ke harga normal karena permintaan ke luar daerah yang turun bersamaan dengan wabah virus Covid – 19 munculnya tradisi peternak melakukan penggemukan sapi ‘besaran’,” jelasnya.

Sampai Jum’at (24/07), harga sapi dewasa lokal kualitas super di Pasar Hewan Purbowangi mencapai Rp 20 juta sampai Rp 23 juta dengan berat mencapai 4 kwintal. Sedangkan Kambing etawa mencapai 5,5 juta per ekor (Wahyudin)

Tinggalkan Balasan