Portal Jateng

Jelang Idul Adha, Pembeli Hewan Kurban di Pasar Batoh Purworejo Sepi

Para pedagang kambing di Pasar Batoh, Purworejo. (Foto : Sumakmun / Portal Indonesia)

portal-indonesia.com, PURWOREJO – Sepekan jelang hari raya Idul Adha 1441 H, aktivitas penjualan hewan kurban di Pasar Hewan Batoh, Purworejo, Jawa Tengah, mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dipasar ini banyak tersedia hewan kurban baik kambing maupun sapi, namun minim minat pembeli. Salah satunya disebabkan adanya pandemi virus Corona.

Salah seorang pedagang kambing dipasar hewan Batoh, Partono (44) asal Kutoarjo, mengatakan, ada penurunan jumlah permintaan hewan kurban pada tahun ini hingga 25 persen. Padahal tahun-tahun sebelumnya, tiga minggu sebelum lebaran permintaan sapi untuk hewan kurban sudah mulai ramai.

“Untuk tahun ini, persediaan hewan kurban sangat banyak, dipasar mulai rame, namun untuk pembelian hewan kurban mengalami penurunan. Ini mungkin karena dampak mewabahnya Covid-19,” katanya.

BACA JUGA :   Rambut Gimbalnya Dicukur, Atika Minta Bakso dan Buntil

Menurutnya, meski permintaan hewan kurban masih lesu, namun harga kambing dan domba untuk kurban berkualitas super mengalami kenaikan. Kenaikan harga kambing itu berkisar antara 100-300 ribu per-ekornya.

“Kalau harganya jelang Idul Adha ada kenaikan tetapi tidak terlalu tinggi. Antara 1,7 juta sampai 3 juta untuk ukuran sedang hingga besar,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan pedagang lain, Mahmudin (58) asal Kemiri. Menurutnya, dampak pandemi virus Corona terasa pada aktivitas jual-beli hewan kurban di pasar.

“Karena tahun ini ada pandemi Covid-19, aktivitas di pasar menurun. Banyak warga yang datang hanya ingin melihat-lihat namun belum langsung membeli, termasuk banyak warga yang lebih memilih mendatangi kandang milik petani, untuk memilih hewan yang akan dijadikan kurban,” ujarnya. (Makmun)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: