Nasional
Trending

DPR dan Pemerintah Sepakat Ubah HIP Menjadi Badan Pembina Ideologi Pancasila


JAKARTA, Portal-Indonesia.com- Akhirnya DPR dan Pemerintah bersepakat tidak akan segera membahas Haluan Ideologi Pancasila (HIP), serta mengubah nya menjadi Badan Pembina Ideologi Pancasila yang hanya memuat ketentuan tentang tugas dan fungsi Pancasila bukan lagi tentang penafsiran atau filsafat Pancasila.

Demikian disampaikan Ketua DPR Puan Maharani, usai melakukan pembahasan terkait RUU HIP antara pimpinan DPR dengan Pemerintah yang dihadiri Menkopolhukam Mahmud MD, Mendagri Tito Karnavian dan Menkumham Yasona Laoly.

“DPR dan Pemerintah sepakat tidak akan segera membahas, sekali lagi tidak akan membahas terkait HIP ini. Melainkan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan,” kata Puan Maharani, Kamis (16/7/2020) dalam konferensi pers di DPR.

BACA JUGA :   Komisi III DPR Minta Bareskrim Tuntaskan Indikasi Pidana Kebakaran Gedung Kejagung

Sementara terkait surat resmi yang diberikan Presiden kepada DPR, melalui Menkopolhukam Mahmud MD. Setelah melalui pembahasan singkat seluruh pimpinan DPR dengan ketiga Mentri tersebut. DPR dan Pemerintah sepakat untuk mengubah HIP menjadi Badan Pembina Ideologi Pancasila yang hanya memuat ketentuan tentang tugas dan fungsi Pancasila bukan lagi tentang penafsiran atau filsafat Pancasila.

“Artinya tidak adalagi masalah penafsiran atau filsafat Pancasila. Maka dengan demikian berakhirlah diharapkan berakhir kekisruhan terkait RUU HIP dan semua elemen bangsa dapat bersama-sama bergotongroyong menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ungkap Puan.

Pada kesempatan yang sama Menkopolhukam Mahmud MD menjelaskan kesepakatan DPR dan Pemerintah terkait tidak akan segera membahas hal berkaitan tentang Ideologi Pancasila itu, untuk memberi ruang kepada masyarakat agar berkontribusi memberikan masukan terkait fungsi dan tugas dari Badan Pembina Ideologi Pancasila.

BACA JUGA :   Ratusan Saksi Diperiksa, Mabes Simpulkan Gedung Kejagung Sengaja Dibakar

“Sepkat tidak akan segera membahas hal berkaitan tentang Ideologi Pancasila, sekarang kita fokus untuk penanggulangan Covid-19. Serta untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan terkait fungsi dan tugas dari Badan Pembina Ideologi Pancasila,” jelas Mahmud MD. ** (Edyson)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: