Nasional
Trending

Sudahkah Anda Masuk Daftar Pemilih? Silahkan Akses Data Anda di Aplikasi KPU ini

Ketua KPU Arief Budiman

JAKARTA, Portal-Indonesia.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi hari ini meluncurkan Gerakan Klik Serentak sebagai tanda dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) dalam Pilkada Serentak 2020. Melalui aplikasi ini anda dapat mengecek apakah sudah terdaftar pada daftar pemilih atau mengakses langsung data pribadi lewat situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Ketua KPU Arief Budiman dalam acara peluncuran Gerakan Klik Serentak, di Ruang Sidang KPU RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Mengungkapkan semua masyarakat, khususnya di 270 daerah peserta Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang dapat mengakses di situs tersebut. Serta bisa melakukan pengecekan langsung atas data daftar pemilih.

“Aplikasi yang sudah kita siapkan mulai hari ini kita akan klik sama-sama. Dan sejak itu semua, masyarakat di semua daerah yang menyelenggarakan pemilu, pemilihnya dapat mengakses di situs tersebut. Dan bisa cek apakah dirinya ada di dalam daftar pemilih atau belum, sampai kita tetapkan jadi DPS (Daftar Pemilih Sementara,” kata Arief dalam sambutannya.

BACA JUGA :   Komisi III DPR Minta Bareskrim Tuntaskan Indikasi Pidana Kebakaran Gedung Kejagung

Melalui aplikasi Arief Gerakan Klik Serentak ini, diharapkannya terjadi peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Selain itu melalui aplikasi itu masyarakat juga bisa memberikan masukan kepada KPU dalam penyusunan daftar pemilih.

“Gerakan semacam ini serentak dipublikasikan tentu harapan kami akan membangun semangat baru. Dan mengingatkan kembali ke semua pihak agar ikut peduli dan mau berpartisipasi aktif dalam proses pilkada serentak,” tuturnya.

Disamping itu Arief juga menjelaskan, antusiasme masyarakat dengan situs tersebut begitu besar, sehingga, situs lindungihakapilihmu.kpu.go.id hingga pukul 13.00 WIB masih belum bisa diakses.

“Begitu alamat web dipublikasikan, sejak tadi malam web ini sudah mulai ‘diserang’,” ungkap Arief.

BACA JUGA :   Ratusan Saksi Diperiksa, Mabes Simpulkan Gedung Kejagung Sengaja Dibakar

Acara peluncuran hari ini turut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan, Ketua DKPP Muhammad, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, hingga anggota KPU lainnya.

Pada pemberitaan sebelumnya kami melakukan ralat atas berita berjudul RUU HIP Tetap dibahas DPR. **(Edyson)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: