Nasional
Trending

Penjahat Semakin Cerdas Presiden Menuntut Perwira TNI/Polri Lebih Cerdas

JAKARTA, Portal-Indonesia.com- Menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju, dengan revolusi industri jilid ke-4 semakin mendorong perubahan super cepat, saat ini para pelaku kejahatan pun bertindak semakin cerdas. Karenanya Presiden Joko Widodo menuntut para Perwira Remaja TNI dan Polri yang baru dilantik untuk bertumbuh lebih cerdas dari penjahat.

“Oleh karena itu, Saudara-saudara harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman. Harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lincah. Inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan kokoh, penjaga NKRI dan penjaga Pancasila yang sejati. Perwira TNI dan Polri harus lebih cerdas dari pelaku kejahatan,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di upacara Prasetya Perwira (Praspa) Pelantikan Perwira TNI dan Polri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020)

Keberadaan para Perwira TNI/Polri yang cerdas saat ini menjadi tuntutan kebutuhan. Sebagai pengawal masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Cakap membaca tantangan dan peluang ke depan, ditengah hiperkompetisi oleh persaingan yang ketat baik dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk dalam industrialisasi.

BACA JUGA :   Ratusan Saksi Diperiksa, Mabes Simpulkan Gedung Kejagung Sengaja Dibakar

Disamping itu yang juga dapat menjadi ancaman yakni perkembangan teknologi militer terkini yang telah memanfaatkan kecerdasan buatan automation, augmented reality, dan teknologi siber yang telah jauh berkembang, dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan.

“Disatu sisi Saudara-saudara dituntut harus bisa untuk mengendalikan dan mengembangkan teknologi militer terkini. Tetapi ini juga dapat menjadi ancaman serius bila perkembangan teknologi militer itu justru digunakan dan dikuasai oleh pelaku kejahatan,” pukas Presiden.

Tantangan kejahatan yang dihadapi oleh perwira kepolisian juga sangat berat, kejahatan menggunakan teknologi canggih dan kejahatan siber yang lintas negara juga memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik.

“Ingat tantangan kejahatan yang akan Saudara-saudara hadapi sangat berat kedepan ini,” tegas Joko Widodo.

BACA JUGA :   Waspada Nama Menpan RB Tjahjo Kumolo Dicatut Calo CPNS

Presiden Joko Widodo melantik perwira remaja Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (TNI/Polri) yang sebelumnya telah menempuh pendidikan. Para perwira tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 55/TNI/2020 dan Keppres Nomor 56/Polri/2020 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian menjadi Perwira TNI dan Perwira Polri yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

Dalam kesempatan itu, dibacakan juga perwira penerima Adhi Makayasa kepada empat perwira, yaitu: Angga Andhika Y. dari Akademi Militer; Rizqy Z. Djuhaeri dari Akademi Angkatan Laut; Juanda Siregar dari Akademi Angkatan Udara; dan Ivan Pradipta M. dari Akademi Kepolisian.

Turut hadir Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. **(Edyson)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: