Pendidikan
Trending

Merinding! Lagu Indonesia Raya Menggema Dalam MPLS Online SMKN 1 Grujugan

Kepala SMKN 1 Grujugan Mukty Asnan, S.P Sedang Memberikan Materi Pertama MPLS

BONDOWOSO, portal-indonesia.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi pendidikan SMA/SMK dilaksanakan secara serentak mulai hari ini (13/7/20) hingga dua hari kedepan (15/7/20). Melihat kondisi Kabupaten Bondowoso secara umum yang masih berada pada zona kuning dan latar belakang siswa baru yang 90 persen berasal dari Kabupaten Jember dengan status masih zona kuning, maka pelaksanaan MPLS SMKN 1 Grujugan dilaksankan secara online menggunakan aplikasi zoom meeting.

Menariknya, pembukaan MPLS SMKN 1 Grujugan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilaksanakan secara online tersebut membuat para peserta MPLS merasakan gema nasionalisme yang lebih mendalam. Tidak heran, jika terlihat banyak sekali siswa baru peserta MPLS menyeka air matanya pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut. Suasana itu juga didukung karena adanya tata tertib peserta MPLS untuk para siswa baru agar memakai pakaian seragam SMP/MTs dalam mengikuti setiap sesi kegiatan MPLS.

Kepala SMKN 1 Grujugan Mukty Asnan, SP mengaku sangat terharu dan terkesan dengan pelaksanaan MPLS secara online. Mengingat latar belakang ekonomi peserta didiknya yang sebagian besar adalah dari kalangan yang kurang beruntung secara ekonomi.

BACA JUGA :   Pelatihan Industri Kecil Aneka Kue Berbasis Agro di Desa Sumberejo

“Saya terharu karena bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat bersama siswa-siswi baru dengan cara yang berbeda, terkesan sekali atas semangat dan antusiasme siswa dengan segala keterbatasannya yang tetap mampu dan mau mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tanpa kendala.” Tegas Mukty dalam mengakiri sambutannya.

Pelaksanaan MPLS SMKN 1 Grujugan meskipun dilaksanakan secara online namun agenda kegiatan tetap dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan MPLS dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ketua Panitia MPLS Daris Wibisono Setiawan menyampaikan beberapa materi yang akan disajikan dalam kegiatan tersebut yaitu; Selayang Pandang di SMKN 1 Grujugan, Visi Misi-Budaya-Tata Tertib Sekolah, Pengenalan Ekstrakurikuler, Potensi Program Keahlian Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan, Langkah Cerdas New Normal-Pola Perilaku Hidup Sehat, Penguatan Pendidikan Karakter, Tata Krama Siswa di Sekolah-Keluarga-Masyarakat, Wawasan Kebangsaan, Motivasi Cara Cerdas Sukses Sekolah, Membangun Jiwa Enterpreneurship Siswa, serta Peluang dan Tantangan Generasi Milenial.

BACA JUGA :   91Tahun Ma’arif; LP Ma’arif NU Bondowoso Komitmen Unggulkan Kualitas Guru

“Alhamdulillah kegiatan MPLS mulai tadi pagi hingga sekarang masih berlangsung dan dipastikan 100 persen siswa mengikuti kegiatan dengan memakai baju seragam sekolah dan mematuhi semua tata tertib” Imbuh Pengurus Dewan Pendidikan Kab. Bondowoso tersebut.

Berdasarkan pantauan Portal Indonesia di SMKN 1 Grujugan, melaporkan bahwa MPLS hari pertama diawali dengan nonton bareng pembukaan MPLS oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Bondowoso Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM melalui live streaming youtube. Nonton bareng tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan siswa baru, guru, dan tenaga kependidikan sesaat sebelum MPLS online dilaksanakan.

Salah satu peserta MPLS Gita Ilma Nafiya merasakan kebahagiaan mengikuti MPLS secara online dengan lancar dan tanpa kendala.

Menurutnya, mengikuti kegiatan ini adalah pengalaman pertama yang penuh tantangan dan pada akhirnya sangat menyenangkan.

Reporter: Chandra

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: