Portal Jateng

LPKA Kutoarjo Dilukis Seniman

Saat pelukis Purworejo menggambar di tembok LPKA. (Foto : Moch. Fauzi / Portal Indonesia)

portal-indonesia.com, PURWOREJO – Seniman lukis Purworejo yang tergabung dalam Komunitas Republik Sepur (Seniman Purworejo) bersama PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Jawa Tengah, menggelar bakti sosial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kutoarjo, Purworejo. Kegiatan itu dilaksanakan sejak Sabtu (11/7/2020) hingga terselesainya media lukis mural dilakukan.

Dalam baksos itu, seniman bersama PKBI berbaur bersama seluruh anak didik LPKA Kutoarjo, melakukan kegiatan melukis bersama. Kegiatan baksos itu terbagi menjadi dua bagian, anak didik LPKA  bersama seniman Sepur melukis mural dinding lapas dengan aneka gambar bertema flora dan fauna, sebagian anak didik LPKA lain bersama PKBI melukis sketsa wajah pada kaos.

“Ada sekitar 22 anak didik dari 25 anak didik yang ada di LPKA yang ikut dilibatkan dalam kegiatan ini, sementara 3 anak didik lainya masih dalam isolasi karena masih baru dan belum kita ikutkan,” kata Kepala LPKA Kutoarjo, Herastini saat ditemui di sela kegiatan.

BACA JUGA :   Lelang Proyek Jalan di Purworejo Tercium Dikondisikan, 2 PT Dilaporkan Ke Kejaksaan

Dijelaskan, kegiatan dalam rangka menyambut hari anak nasional itu dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan pelatihan LPKA kepada anak didik. Diharapkan anak didik memiliki pengalaman serta ketrampilan salah satunya seni lukis sebagai bekal nantinya setelah keluar dari LPKA.

“Kami memberi ruang kepada anak didik untuk mengekspresikan hasil karya mereka dengan cara melukis mural di dinding lapas ini. Setidaknya lingkungan lapas ini akan tampak indah dan tidak terkesan serem, apalagi LPKA ini bukan lagi dipandang sebagai penjara melainkan sebagai tempat untuk membina anak anak yang memiliki masalah agar menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Ketua Republik Sepur, Sigit Suntoro, mengatakan, bakti sosial digelar selain membantu menciptakan lingkungan LPKA menjadi indah dan terkesan nyaman, juga sebagai media pendidikan bagi anak didik LPKA.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 11/Loano Sambangi Warga Sedayu, Sosialisasikan TMMD 109

“Harapan kami ini jadi sarana pendidikan, agar anak-anak didik ini bisa bahkan lebih trampil dalam melukis. Salah satu ketrampilan yang bisa di manfaatkan atau digunakan kelak saat mereka tidak lagi di LPKA,” harapnya.

Kegiatan itu, tambahnya, tidak hanya dilakukan dalam waktu sehari itu, namun juga akan dilakukan hingga media didinding lapas selesai dilukis mural.

“Menyesuaikan jam kerja, jadi melukis ini akan kami lanjutkan dihari berikutnya sampai semua dinding lapas yang disediakan selesai terlukis,” ujarnya.(Fauzi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: