EntertaimentGaya Hidup
Trending

Ida Ayu : Kebaya Adalah Asli Pakaian Tradisional Indonesia

Ida Ayu Made Wahyuni

Portal-indonesia.com.-MALANG RAYA,- Dalam Etimologi,Istilah Kebaya diyakini berasal dari kata serapan arab kaba/qaba yang berarti jubah atau garmen longgar- pakaian.Istilah tersebut kemudian diperkenalkan ke Nusantara melalui serapan bahasa portugis, yakni cabaya.

Dan pada perkembangannya,pakaian tradisional tersebut memiliki sejarahnya sendiri dengan variannya. Hingga Kebaya dan politik menjadi satu hal yang memiliki peran sesuai kebutuhannya.

Dari usai pengambilan gambar untuk film dokumenter tentang PKMR (Perempuan Kebaya MalangRaya) pada hari Jumat malam (10/07/2020) Wanita Ayu pemilik nama Ida Ayu Made Wahyuni kepada Portal-indonesia.com Minggu (12/07/2020) mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi hadirnya komunitas PKMR sebagai motivasi untuk mengajak para wanita di Malang Raya dalam berbusana dengan mengenakan pakaian tradisional .
” Bahwa kebaya merupakan pakaian wanita yang menjadi ciri khas bangsa, maka harus di manfaatkan, dipergunakan oleh seorang wanita sehingga lebih lestari dan membumi” ujarnya.

Selaku wanita yang ditunjuk oleh PKMR sebagai penasehat ,dirinya menghimbau kepada para generasi millennial untuk lebih mencintai produk dalam negeri ditengah modernisasi dan globalisasi tanpa meninggalkan ciri khas bangsa khususnya dalam produk busana karena pola berpakaian tradisional sudah banyak varian dengan mode kebaya masa kini.

“Untuk PKMR,harapan saya tetap menjaga soliditas dalam merajut silaturahmi,teruskan pelaksanaan kegiatan sosial yang menggugah jiwa enterpreneur anggota dan tingkatkan kapasitas ibu-ibu sehingga mandiri dan punya skill yang bisa dibanggakan” tutur Ida Ayu, wanita ASN aktif Pemkot Malang itu.

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: