Portal Jatim

BST Tahap Dua dari Pemkot Malang Belum Cair, Ada Apa?

Ilustrasi

Portal-indonesia.com Malang Raya – Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama dari Pemkot Malang telah diterima oleh masyarakat penerima bantuan. Namun BST tahap kedua, hingga saat ini masih belum tersalurkan kepada masyarakat yang terdata sebagai penerima bantuan.

Akibatnya, banyak masyarakat yang menunggu akan kepastian pencairan BST tahap kedua tersebut.

Informasi dihimpun Portal-Indonesia.com menyebutkan, bahwa BST dari Pemkot Malang diambilkan melalui dana (APBD) dan ada beberapa dinas yang ditunjuk terkait BST ini, seperti Disdikbud, Disporapor, Dishub maupun Disnakertrans.

Menurut keterangan salah seorang yang ditunjuk sebagai koordinator pengumpul data penerima oleh Disdikbud Kota Malang yang kebetulan instruktur penari aktif dilembaga kesenian Malang, mengatakan jika ada sekitar 304 orang menanyakan BST tahap dua tersebut.

BACA JUGA :   Gelar Outbound, DPD Hipakad Jatim Tanamkan Satu Jiwa, Satu Korsa, Satu Komando

“Mereka terdata melalui kami, otomatis tanya ke kami soal pencairannya. Meskipun mereka tau kami bukan orang dinas,” ujarnya.

Instruktur tari ini merasa iba terhadap masyarakat yang belum menerima BST tahap kedua tersebut.

“Kasihan mas, jika tidak ada kejelasan,” ungkapnya.

Dikatakan, ada salah satu penerima BST yang usianya sudah tua, telah lima kali bolak-balik ke sebuah bank untuk menanyakan bantuan itu.

“Orang itu bolak balik ke bank naik Grab dan sudah habis seratus ribu. Uang yang digunakan untuk naik Grab itu dari bantuan yang dia terima tiga ratus ribu” ucapnya lagi sembari menyampaikan jika dirinya sudah bertanya ke dinas, dan oleh dinas disuruh tanya ke bank. Namun setelah tanya ke bank, disuruh balik tanya ke pihak dinas.

BACA JUGA :   Sinergitas Gerakan Donasi Sosial SPR Bersama WLP Berbagi Sesama

Ketika dikonfirmasi terkait pencairan tahap kedua BST dari Pemkot Malang, Sekretaris Disdikbud Kota Malang Totok menerangkan bahwa, BST tersebut sedang dalam proses untuk dicairkan.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak bank Jatim, dan hari ini hingga besok akan dilembur oleh pihak bank untuk proses pemindahan ke rekening penerima sesuai tehnis seperti pencairan tahap pertama. Mengingat yang melalui dinas kami ada ratusan penerima bansos jumlahnya,” terang Totok lewat selulernya, Jumat (03/07/2020).

“Atas tehnis pemindahan kerekening penerima oleh petugas bank, maka mulai hari Senin lusa dan seterusnya, BST yang tahap kedua sudah bisa dicairkan,” tutupnya.

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: