PemerintahanPortal Jateng

Terkait Sengketa Tanah Tukar Guling di Pacekelan, DPRD Panggil Bupati Wonosobo

Tuson Dwi Haryanto (kiri) dan R. Ariyawan Arditama (kanan) selalu kuasa hukum dari Pemdes Pacekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo. (Foto : M. Fauzi / Portal Indonesia)

portal-indonesia.com, WONOSOBO – Permasalahan Tukar guling tanah kas Desa (TKD) Pacekelan, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wononosobo semakin meruncing, menyusul adanya surat panggilan Bupati Wonosobo dari DPRD Wonosobo.

Adapun sebelumnya permasalahan tersebut di rapatkan di ruang rapat Kartonegoro Komplek Sekda Wonosobo, Kamis (25/6) bulan lalu yang belum menemukan titik terang.

Seperti di sampaikan oleh Tuson Dwi Haryanto, lawyer Pemdes Pacekelan “Benar mas besok pada hari Senin tanggal 6 Juli akan di adakan rapat lagi terkait sengketa tanah tukar guling yang sekarang di tempti oleh SMA N 1 Sapuran, rencana rapat dengar pendapat (RDP) tersebut bersama Bupati Wonosobo”, terangnya.

BACA JUGA :   Babinsa Koramil 11/Loano Sambangi Warga Sedayu, Sosialisasikan TMMD 109

Ditambahkan Tuhan, kalaupun nanti di musyawarah tersebut menemukan titik terang atau tidak pihaknya tetap akan melaporkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah terkait dengan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor ). Karena itu sudah menyalahgunaan wewenang yang di lakukan oleh Pemkab Wonosobo.

Tuson Dwi Haryanto menyebut proses tukar guling tersebut belum di serahkan kepada Pemdes tetapi Pemkab sudah memberikan kepada pihak ke 3 seluas 4.200 meter persegi yang tidak sesuai dengan peruntukannya sebagaimana yg termuat dalam SK Kakanwil BPN Provinsi Jawa Tengah.

“Rencananya seluruh perangkat desa dan pamong desa Pacekelan besok Senin (6/7) akan berpartisipasi untuk menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD wonosobo, karena masyarakat ingin mengetahui secara langsung transparansi proses tukar guling Tanah Kas Desa (TKD) pacekelan yang di gunakan untuk pembangun SMA N 1 dan SMK 1 sapuran, serta masyarakat Pacekelan agar mendapatkan haknya, karena Tanah Kas Desa (TKD) merupakan kekayaan desa yang peruntukannya adalah untuk masyarakat desa tersebut, “katanya.

BACA JUGA :   Sispamkota : KPUD Purworejo Digeruduk Massa

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo Afif Nurhidayat S.Ag saat di hubungi via whatsshap terkait surat pemanggilan Bupati Wonosobo membenarkan adanya surat tersebut.

” Iya mas, rapat dengar pendapat (RDP) Komisi yang membidangi Komisi A”. Jawabnya singkat.(Fauzi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: