Bupati Ponorogo Tegas Larang Penerbangan Balon Udara

Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni saat Konferensi Pers. (Foto : Istimewa untuk Portal Indonesia)

portal-indonesia.com, PONOROGO – Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni kembali menegaskan larangan penerbangan balon udara di wilayah Bumi Reyog. Pasalanya, Penerbangan balon udara ini menurut Bupati Ipong melanggar Pasal 98 UU RI Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dan Pasal 411 UU RI Nomor 1 tahun 2009 tentang Keselamatan Penerbangan.

Langkah tegas orang nomor wahid di Pemkab Ponorogo dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Ponorogo nomor 451/1389/405.01.2/2020 tertanggal 14 Mei 2020. Salah satu poin dalam Surat Edaran Bupati Ponorogo tersebut adalah masyarakat dihimbau untuk tidak menerbangkan balon udara, tidak melaksanakan takbiran keliling, dan tidak menggelar silaturahmi/halal bihalal/anjangsana/pertemuan-pertemuan.

Bacaan Lainnya

Dia juga menjelaskan kegiatan menerbangkan balon udara yang sudah menjadi tradisi turun temurun tersebut hanya bersifat hiburan dan bukan soal akidah sehingga tidak ada masalah jika tidak dilakukan. Selain melarang warganya menerbangkan balon udara, secara tegas Bupati Ipong juga melarang warganya bermain petasan. “Petasan atau mercon kurang bagus dan berbahaya. Carilah permainan yang lain, semisal kembang api atau apalah. Yang penting jangan menerbangkan balon udara dan membunyika petasan,” pesan Ipong Muchlissoni, Kamis (21/5/2020).

Saat ini Pemkab Ponorogo juga telah mengirimkan surat edaran terkait pelarangan ini ke seluruh Kelurahan/Desa se-Kabupaten Ponorogo. “Jika masih ada warga yang nekat menerbangkan balon udara, polisi dan pihakĀ  terkait akan turun tangan untuk menghentikan kegiatan itu,” tandasnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan