Portal DIY

2.500 Pekerja di Sleman Jalan Sehat Bersama

9
×

2.500 Pekerja di Sleman Jalan Sehat Bersama

Sebarkan artikel ini
2.500 Pekerja di Sleman Jalan Sehat Bersama
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo lepas jalan sehat bersama (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Sekitar 2.500 pekerja dari berbagai perusahaan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti jalan sehat bersama yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Senin (1/5/2023).

Selain untuk memeriahkan peringatan Hari Buruh Internasional 2023, jalan sehat bersama ini juga untuk menumbuhkan kecintaan para kaum buruh dalam berolahraga, sehingga kesehatan mereka tetap terjaga.

Jalan sehat bersama tersebut pelaksanaanya, star dan finish di komplek taman Denggung Sleman, yang pemberangkatanya di lepas oleh Bupati Sleman Kustini Sri Puirnomo.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Sleman, Sutiasih, peringatan hari buruh sedunia tahun 2023 ini mengangkat tema Merajut Kebersamaan antara Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah di Hari yang Fitri.

Dengan tema itu, kegiatan dimaksudkan untuk mewujudkan Sleman yang kondusif, aman, dan damai melalui silaturahmi antar pekerja, pengusaha, pekerja dengan pengusaha, sehingga tercipta hubungan yang harmonis.

“Memperingati hari buruh tidak perlu melakukan demo. Jika ada aspirasi akan kami tampung dan akan kami tindak lanjuti. Apabila permasalahanya menjadi kewenangan Kabupaten Sleman, kami siap menyelesaikanya. Namun apabila ada aspirasi yang perlu kita tindak lanjuti ke pusat, maka aspirasi tersebut juga akan kita laporkan ke pusat,” ujar Asih.

2.500 Pekerja di Sleman Jalan Sehat Bersama
Aksi donor darah yang diadakan Disnaker Sleman (Brd)

Asih melanjutkan, di samping jalan sehat, peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2023 di kabupaten Sleman selain dimeriahkan dengan jalan sehat juga dilakukan donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pekerja perusahaan, pengusaha, Dewan Pengupahan, Federasi serikat pekerja, karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta para karyawan kantorDinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman.

Melalui momen itu, Asih menyatakan bahwa Dinas Tenaga Kerja terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program peningkatan kesehatan serta pelatihan dan pengembangan kompetensi kerja, sehingga pekerja dapat memiliki keahlian yang lebih baik dan mampu bersaing di pasar kerja global.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional kali ini cukup spesial. Sebab, waktunya masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri dan berdekatan dengan momen Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-107.

Dengan momen itu, Bupati berharap dapat meningkatkan komunikasi yang sehat antara semua pihak melalui pertemuan antara pekerja dan pengusaha.

“Untuk dapat mewujudkan suasana yang kondusif diperlukan komunikasi yang baik serta adanya sinergi antara pemerintah, pengusaha, maupun pekerja, sehingga tercipta suasana yang aman, tertib dan tentram. Kalaupun ada aspirasi bisa dikomunikasikan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Bupati.

Kustini menambahkan dengan pelaksanaan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, merupakan wujud nyata upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan kepedulian layanan kesehatan dan sosial. Melalui cara ini,

Kustini berharap, pekerja Sleman dapat hidup sejahtera dan memberikan manfaat yang lebih luas untuk membangun Sleman kedepan. (Brd).