JAKARTA — Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) akan digelar hari ini, Rabu (27/3/2024).
Polres Jakarta Pusat telah menyiagakan personelnya untuk mengamankan area sekitar Gedung MK.
“Kami siap untuk mengamankan sidang PHPU di Gedung MK dan kami dari pihak Kepolisian juga akan menyiapkan lokasi khusus untuk unjuk rasa masyarakat,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro.

“Kami menerjunkan 1.233 personel gabungan untuk menjaga kegiatan di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), baik dari dalam maupun luar gedung,” tambahnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat juga mengingatkan warga yang akan menyampaikan aspirasi untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lain.
“Siapa pun yang akan berpendapat di publik, sesuai dengan hukum berpendapat adalah hak setiap warga. Namun, harus memperhatikan hak-hak warga lainnya, sehingga harapannya aturan tentang berpendapat di publik dipatuhi,” kata Kapolres.

Disamping itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan untuk bersikap persuasif, tidak mudah terprovokasi, menekankan negosiasi, pelayanan, dan bersikap humanis.

Dengan adanya peningkatan keamanan dan imbauan yang disampaikan Kepolisian, diharapkan sidang PHPU Presiden 2024 dapat berjalan dengan tertib dan damai.(*)